Tang Yin / Tang Bohu

Nama : Tang Yin 唐寅
Alias : Tang Bohu 唐伯虎
Suku : Han
Asal : Suzhou
Tahun : 1470-1523 M

Tang Yin atau yang dikenal juga sebagai Tang Bohu adalah pelukis, penyair, dan kaligrafer besar di masa dinasti Ming.

Setelah berhasil menjadi peringkat pertama ujian pemerintah kota Suzhou dan sekolah di sekolah pemerintah Suzhou, ia juga akhirnya berhasil mengikuti ujian tingkat lebih tinggi di ibukota. sayangnya ia sempat dipenjara dan diturunkan jabatannya karena terlibat kasus suap. Sejak saa itu ia tidak lagi mengejar pendidikan dan memilih untuk berkeliling ke berbagai tempat, menikmati lukisan dan puisi , hingga akkhirnya menjadi pelukis terkenal. di akhir masa hidupnya, Tang yin hidup dalam kemiskinan, bahkan perlu dibantu oleh temannya hingga akhirnya ia meninggal di usia 54 tahun karena sakit.

Bersama dengan Shen Zhou 沈周, Wen Zhiming 文徵名, dan Qiu Ying 仇英, ia disebut sebagai 4 ahli Wumen 吴门四家 atau 4 ahli Ming 明四家dalam bidang lukisan. Sementara dalam bidang karya puisi, ia menjadi salah satu dari 4 penyari besar di jaman itu yang disebut 吴种四才子 bersama dengan Zhu Yunming 祝允明, Wen Zhiming 文徵名, dan Xu Zhenqing 徐祯卿.

Kehidupan

Leluhur Tang Yin adalah seorang Jenderal besar Tang Hui唐辉, hal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan Yang Yin, ia sering menggunakan nama pena 晋昌唐寅 pada lukisannya. Ayah Tang Yin, Tang Guangde 唐广德 memiliki sebuah restoran.

Saat masa kecil, Tang Yin mulai mengenal Zhu Yunming dan Wen Zhiming. Di umur yang ke 17, Tang Yin bersama dengan Zhu Yunming, Luo Yi 罗圯, Bai Yue白钺, Tu Rui 涂瑞, dan Liu Ji 刘机 mmembuat puisi dari lukisan Hedanyuan 壑舟园 karya Shen Shitian 沈石田. Lalu di umur ke 18 Tang Yin menikah dengan putri kedua Xu Yanrui 徐延瑞.

Karir Tanng Yin sebagai pelukis mulai naik di usia ke 20 saat ia membuat “Lukisan Barisan Bambu 对竹图”.
Tang Yin membuat tulisan di batu nisan untuk Shen Yinjun 沈隐君 saat ia berusia 23 tahun.

Sayangnya ayah Tang Yin meninggal setahun kemudian, disusul oleh ibu, anak, istri, serta adiknya dalam kurun waktu 1-2 tahun. Akibatnya keadaan keluarganya menjadi memburuk, hingga akhirnya dengan dorongan temannya, Zhu Zhishan 主枝山, ia memutuskan untuk belajar dan mengikuti ujian pemerintah.

Tang Yin yang rambutnya sudah memutih di usia 27 tahun membuat “Puisi Ramut Putih 白发诗”. Saat mengikuti uujian pemerintah, Tang Yin dan temannya Zhang Ling 张灵 dipenuhi kehidupan malam. Hal ini sangat tidak disukai oleh pejabat pengawas ujian Fang Zhi 方志, sehingga Tang Yin digagalkan dari ujian. Tetapi atas bantuan dari banyak pihak dan pejabat yang meminta pengampunan, akhirnya Fang Zhi bersedia mengubah keputusan mengijinkan Tang Yin ikut ujian di tahun berikutnya.

Di ujian pemerintah berikutnya, Tang Yin berhasil meraih peringkat pertama. Sayangnya ia gagal melewati ujian tingkat tinggi., Mendengar hal tersebut, banyak dari temannya yang menasehati dan menyemangatinya, tetapi Tang Yin tidak peduli, bahkan memutus hubungan dengan temannya.

Saat mengikuti ujian di ibukota saat umur 29 tahun, Tang Yin dinilai melakukan kecurangan sehingga dipenjara dan dipecat dari jabatannya. Setelah menjalani hukumannya, Tang Yin memutuskan ntuk pergi mengembara ke berbagai daerah dan hidup dengan menjual karyanya. Sejak saat itu, karirnya sebagai penyair dan pelukis terus m enanjak.

Tang Yin sempat bekerja untuk seorang pejabat di usianya yang ke 44, tapi tak lama kemudia ia berpur pura sakit jiwa agar dilepas oleh pejabat tersebut.

Tang Yin meninggal di usia 53 tahun karena sakit

Kesalahpahaman

  1. Asal nama Tang Yin karena ia lahir di tahun, bulan, tanggal Yin
    Tang Yin memang lahir di tahun Yin, tapi bukan bulan dan tanggal Yin, sehhingga nama Yin hanya dipengaruhi tahun kelahirannya. Hal ini didukung karena adiknya, Tang Shen 唐申 memang lahir di tahun Shen.
  2. Ibu Tang Yin bermarga Qiu 邱
    Banyak buku yang menulis ibu Tang Yin bermarrga Qiu 邱, tetapi Zhu Yunming dalam bukunya menulis ibu Tang Yin bermarga QIu 丘. Berdasarkan data, pada jaman dinasti Ming hanya ada marga 丘, tetapi pada masa dinasti Qing diperitahkan untuk mengubah menjadi 邱.

Perdebatan

  1. Tang Yin adalah saudara dari raja
  2. Kasus kecurangan Tang Yin saat ujian pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *