Hua Mulan

Hua Mulan 花木兰 adalah pejuang wanita yang terkenal di Tiongkok kuno, menggantikan ayahnya untuk menjadi tentara demi membela negara. Kisahnya dikenal dari cerita rakyat berjudul “Kisah Mulan 木兰辞” hingga dibuat menjadi berbagai karya seni.

Marga, silsilah, asal usul, dan catatan sejarah mengenai Hua Mulan sendiri tidak jelas. Dalam karya sastra Tiongkk kuno sendiri terdapat 4 karakter “Mulan”, yang mana semuanya memiliki asal usul berbeda tetapi inti cerita yang sama.

Latar Belakang Karakter

Hua Mulan menjadi salah satu dari 4 pejuang wanita di Tiongkok kuno. Kisah mengenai Hua Mulan muncul paling awal dalam puisi “Kisah Mulan 木兰辞” di kerajaan Wei utara.
Pada masa dinasti Ming, Xu Wei 徐渭 mengangkat kisah ini menjadi opera dengan judul “Mulan Menggantikan Ayah Menjadi Tentara 雌木兰替父从军”. Dalam opera tersebut dikatakan “Nama hamba Mulan, marga Hua, berasal dari Hebei” dan informasi lain terkait keluarganya. Hal ini yang menjadi cikal bakal kisah Mulan hingga sekarang.

Karakter dalam Berbagai Karya

Opera
Gambaran karakter Mulan dalam opera berjudul “Hua Mulan 花木兰” atau disebut juga “Perjalanan Menggantikan Ayah 代父征” sangat mirip dengan karakter Mulan yang umum kita kenal sekarang.

Novel
Novel “Kisah Dinasti Sui danTang 隋唐演义” yang dibuat di jaman dinasti Qing menggambarkan Mulan sebagai tokoh di peralihan dinasti Sui dan Tang. Selain itu, dalam novel “Legenda Wanita Loyal dan Pemberani 忠孝勇烈奇女传” atau disebut juga “Legenda Mulan 木兰奇女传” yang juga ditulis pada masa dinasti Qing menggambarkan Mulan hidup di jaman dinasti Tang.

Perdebatan Terkait Karakter

  1. Mengenai marga dan silsilahnya
  2. Mengenai daerah asalnya
  3. Perdebatan terkait kondisi kehidupannya
  4. Perdebatan terkait waktu kehidupannya

Info Tambahan

Kampung Mulan
Di kota SHangqiu 商丘, provinsi Henan, ada 1 daerah yang disebut sebagai Kampung Mulan 中国木兰之乡, di mana mereka memiliki sekolah, stasiun, hotel, tempat wisata, grup industri, monumen, bahkan sampai tim pengamanan dan tim bela diri yang semuanya diberi nama Mulan. Mereka juga mengadakan perayaan besar setiap bulan 4 tanggal 8 penanggalan imlek yang dianggap sebagai hari kelahiran Mulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *