Yan Luo Wang

Yan Luo Wang 阎罗王 adalah raja penguasa dunia akhirat dari istana ke 5 dalam mitos Tionkok. Konon ia mengatur kehidupan di neraka, dan sering digambarkan ditemani oleh pasang bawahannya, yaitu hantu hitam putih黑白无常 serta hantu berkepala sapi dan berwajah kuda 牛头马面. Dikisahkan ia adalah raja dari suatu kerajaan, meski ada juga yang percaya bahwa dia adalah Bao Zheng 包拯.
Yan Luo Wang awalnya adalah dewa Yama dalam mitologi India yang masuk ke Tiongkok seiring masuknya agama Hindu dan Buddha. Awalnya ia digambarkan sebagai satu-satunya dewa penguasa di akhirat, tapi dalam perkembangannya, ia menjadi satu dari 10 raja akhirat.

Gambaran Karakter

Yan Luo Wang atau disebut juga Yan Wang 阎王 atau Raja Hantu 鬼王, adalah dewa dalam kepercayaan masyarakat yang mengatur dunia bawah, menguasai 18 tingkatan neraka, Ia juga yang mengatur hidup matinya semua makhluk. oleh sebab itu ia adalah dewa tapi juga hantu.
Ia memiliki beberapa bawahan seperti hakim hantu 鬼判官, hantu hitam puyih 黑白无常, hantu berkepala sapi dan berwajah kuda 牛头马面, Mengpo 孟婆, para jenderal akhirat, dan beberapa bawahan lainnya.
Ia digambarkan sebagai makhluk setengah hantu setengah dewa yang mengatur hidup matinya semua makhluk, ditakuti oleh para hantu, berwajah hijau dan bergigi tajam, wajanya menyeramkan, raja di akhirat, memiliki banyak bawahan hantu, dan bertanggung jawab menghukum hantu jahat.
Yan Luo Wang menggambarkan kekhawatiran masyarakat jaman dahulu terhadap kematian, sehingga sangat ditakuti. Ditambah lagi dengan berbagai film atau cerita yang mennggambarkan Yan Luo Wang sebagai karakter jahat.. Di sisi lain, banyak karya yang justru terkenal karena membawa nama Yan Luo Wang, justru bukan karena karena karakter dewa atau Buddha.

Hakim Hantu

Ia digambarkan sebagai malaikat dunia bawah, orang ataupun hantu takut melihatnya, memegang buku kehidupan yang berisi data kehidupan semua makhluk, dan total ada 4 hakim.

Legenda

Dalam mitologi India dikenal karakter “Raja Yama atau 阎摩罗王” sebagai penguasa neraka, dan saat agama Buddha dari India mulai masuk ke Tiongkok, kepercayaan terkait Yan Luo Wang mulai berkembang. Sementara dalam kepercayaan Buddhisme, Raja Yama adalah hakim dunia bawah sekaligus raja para hantu. Nama dalam bahasa India juga memiliki arti lain yaitu :sepasang” karena sebagian kalangan percaya ia emimpin dunia bawah bersama dengan adik perempuannya. Sang kakak laki-laki memipin para hantu laki-laki, sedangkan sadik perempuannya memimpin hantu perempuan.
Awalnya hanya ada 1 raja akhirat, tapi berdasarkan tugasnya dibagi menjadi 5 dengan 18 asisten. Saat dinasti Tang, berkembang kepercayaan terkait 10 istana akhirat, yang mana dipimpin 10 raja akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *