Hanzi

Aksara Tiongkok atau Hanzi 汉字 adalah sistem penulisan yang digunakan dalam bahasa mandarin dan termasuk dalam gologan ideograph. Hanzi memiliki sejarah 6000 tahun lebih, menjadiknnya salah satu aksara tertua di dunia. Bentuk tulisannya perlahan mengalami perkembangan, dari gambaran menjadi goresan, dari piktogram menjadi simbol, dari rumit menjadi sederhana, sedangkan dakan pembentukan aksara sendiri juga terjadi perubahan dari berdasarkan bentuk dan arti menjadi berdasarkan bunyi. Umumnya, setiap huruf hanya emiliki 1 suku kata.
Tullisan hanzi modern disebut sebagai jenis tulisan zhengkai 正楷字形 , termasuk tulisan tradisional 繁体字 dan tulisan sederhana 简体字 . Hanzi mmodern sudah mengalami perkembangan dari jaman jiaguwen 甲骨文 (tulisan di tulang atau cangkang hewan), jinwen金文 , dazhuan 大篆 , xiaozhuan 小篆 , lishu 隶书 , caoshu 草书 , kaishu 楷书 , dan xingshu 行书 . Hanzi sudah menjadi penghubung suku Han di berbagai daerah dengan berbagai dialek. Tulisan hanzi tertua yang ditemukan saat ini adalah jiaguwen dari sekitar tahun 1300 SM.
Hanzi menjadi aksara dengan rentang periode penggunaan terpanjang sekaligus satu-satunya sistem aksara kuno yang masih dipakai. Hanzi pernah menjadi bahasa internasional yang menjadi penghubung di Asia timur, sampai sekitar sebelum abad 20 masih digunakan di Jepang, Korea, dan Vietnam sebagai bahasa resmi. Bahkan negara-negara di Asia timur timur dalam juga membentuk huruf hanzi sendiri dalam tingkat tertentu. Perlu diperhatikan juga, negara-negara tersebut menerima pengaruh kebudayaan Han yang cukup besar, hingga banyak kata dalam bahasa mereka yang dipengaruhi bahasa suku Han.

Perkembangan Hanzi

Legenda Asal Usul Hanzi
Sejak jaman legenda “Cangjie membuat tulisan 仓颉造字 ” hingga munculnya jiaguwen di sekitar tahun 1000 SM, sejarahwan Tiongkok terus berupaya menguak sejarah terbentuknya hanzi. Ada beberapa teori terkait hal ini, beberapa yang terkenal yaitu
a. Teori ikatan tali : sebelum aksara hanzi terbentuk, manusia purba menggunakan tali untuk mencatat kejadian agar memudahkan orang untuk mengingat suatu kejadian.
b. Teori Bagua 八卦 : asal usul bagua sendiri masih belum jelas, tetapi dalam beberapa literatur mengaitkan asa usul bagua dengan munculnya tulisan
c. Teori Cangjie membuat tulisan : Cangjie adalah pejabat di masa kaisar kuning 黄帝 yang konon menjadi pencipta hanzi. Karena sudah terbentuk aliansi pada saat itu dan urusan antar aliansi semakin berkembang, sehingga membutuhkan sistem penulisan yang dapat digunaka untuk komunikasi sesama aliansi, maka dari itu kaisar memerintahkan Cangjie untuk mengurus hal ini.
d. Teori keqi 刻契 : keqi adalah teknik yang digunakan manusia jaman dulu setelah menggunakan ikatan tali untuk mengingat sesuatu, biasanya digunakan untuk. Sistem ini sendiri dibai beberapa macam berdasarkan ikatan talinya. Banyak ahli yang menganggap pada jaman ini setiap keqi sudah memiliki cara bacanya dan menjadi asal mula hanzi. Banyak yang percaya bahwa ini adalah awal mula hanzi dengan sejarah lebih dari 6000 tahun dari peninggalan yang ditemukan.
e. Teori gambar : sebagian masyarakat modern percaya bahwa hanzi berasal dari gambar dan memiliki kaitan dengan gambar atau ukiran di dinding atau peralatan purba. Gambar tersebut memiliki bentuk mirip dengan sesuatu yang digunakan untuk mengingatnya.

Perkembangan Hanzi
Hanzi berawal dari gambar piktografik yang digunakan untuk mencatat kejadian. Hanzi berkembang dari piktografik selama ribuan tahun hingga sekarang, melewati berbagai perubahan dan terus berkembang.
a. Jiaguwen : merujuk pada tulisan yang terdapat di tulang dan cangkang hewan yang digunakan pihak istana di akhir dinasti Shang untuk mencatat kejadian. Saat ini sudah ditemukan sekitar 150.000 buah dengan 4500 lebih huruf dan isi tulisan yang sangat beragam mengenai kehidupan di masa dinasti Shang. Sudah sekitar 1500 huruf yang dikenali dan memiliki beragam jenis pembentukan huruf.
b. Jinwen : merujuk pada tulisan diukir pada peralatan logam (umumnya tembaga atau tiimah) di sekitar jaman dinasti Shang-Zhou. Karena sebelm dinasti Zhou tembaga juga disebut sebagai jin 金 karena itu jenis tulisan ini juga disebut sebagai jinwen金文 . Tulisan ini dipakai hingga menjelang dinasti Qin menyatukan Tiongkok. Berdasarkan catatan sejarah, terdapat sekitar 3700 huruf dalam tulisan ini dan sudah sekitar 2400 yang berhasil diidentifikasi.
c. Dazhuan : Dazhuan menjadi salah satu gaya tulisan daalam hanzi dan memiliki perbedaan dengan xiaozhuan 小篆 . Dazhuan muncul di akhir dinasti Zhou dan berkembang di masa musim semi musim gugur terutama dinasi Qin, Tulisan ini juga menjadi tulisan pertama yang digunakan untuk ukiran batu dan cukkup mirip dengan tulisan qinzhuan 秦篆
d. Xiaozhuan : disebut juga qinzhuan, bermula saat pejabat dinasti Qin yang bernama Li Si ditugaskan untuk mengatur penyatuan sistem tulisan di Tiongkok sehingga mengembangkan tulisan baru berdasarkan dazhuan. Tulisan ini banyak di gunakan hingga akhir jaman dinasti Han barat. Meski demikian, karena tulisan ini dinilai indah dan rumiit, tulisan inni tetap digunakan daam kaligrafi dan pembuatan stempel resmi hingga ratusan tahun kemudian.
e. Lishu : lishu ada pengembangan lanjutan dari xiaozhuan , terutama mengubah tulisan xiaozhuan yang cenderung bulat menjadi cenderung kotak dan tegas sehingga ebih mudah diukir pada kayu. Lishu menguatkan fungsi hanzi sebagai tulisan dan mengurangi fungsi piktografik serta menjadi dasar dari caoshu, xingshu, dan kaishu yang m
f. Kaishu : disebut juga zhengshu 正书 , muncul di sekitar masa dinasti Han timur. Ciri khasnya : bentuknya cenderung persegi, goresannya lurus, dan bisa dijadikan standar. Tulisan ini mencapai kejayaan di masa dinasti Tang. Beberapa gaya tulisan yang digunakan dalam percetakan modern, seperti Fangsong 仿宋 , Songti 宋体 , dan Heiti 黑体 termasuk jenis kaishu.
g. Caoshu : erarti tulisan rumput, jenis tulisan yang muncul karena penulisan secara cepat dan ringkas. Tulisan ini mulai muncul sejak awal dinasti Han, dengan munculnya caoli 草隶 yaitu tulisan lishu dengan gaya penulisan caoshu, kemudian berkembang menjadi gaya penulisan yang bernilai seni. Di akhir dinasti Han berkembang meninggalkan goresan dari gaya lishu, jarak antara huruf mengecil bahkan menyambung, radikal pn seolah menyatu, sudah sangat mirip dengan caoshu yang kita kenal sekarang yang mana 1 huruf terbentuk dari 1 goresan. DI masa dinasti Tang, gaya tulisn ini semakin bebas, menjadikannya menganut nilai seni dibanding penggunaan umum.
h. Xingshu : tulsan ini muncul di akhir masa dinasti Han timur, sebagai penengah antara kaishu dan caoshu. Tulisan ini menjadi solusi dari kaishu yang menghabiskan waktu untuk ditulis dan caoshu yang sulit untuk dibaca.

Teuan Arkeologi
Arkeolog sudah menemukan banyak peninggalan yang terkait dengan asal usul hanzi, yang jauh lebih tua dari jiaguwen. Beberapa yang terua adalah ukiran dengan usia sekitar 7000 tahun.
Hanzi adalah salah satu sistem aksara tertua di dunia dengan sejarah ribuan tahun. Sistem penulisan tertua yang sudah ditemukan adalah gambar dan ukiran yang digunakan untuk mencatat kejadian, sedangkan sistem hanzi tertua yang sudah matang dn dapat diidentifikasi yang telah ditemukan adalah jiaguwen dari masa dinasti Shang,
Hanzi termasuk dalam kategori ideogram, setiap hanzi mengandung suatu arti atau suku kata sendiri menjadikan ciri khas hanzi sebagai penyatuan huruf, lafal, dan arti.


Jumlah
Tidak ada angka pasti berapa jumlah hanzi, diperkirakan ada lebih dari 100 ribu, tetapi yangdigunakan sehari-hari hanya beberapa ribu saja. Berdasarkan riset, sekitar 3000 hanzi yang umum dipakai sudah bisa mencakup 99% dari kehidupan sehari-hari. Terkait jumlah hanzi dapat dilihat dari isi kamus di tiap jaman, mulai dari 3 buku di jaman dinasti Qin berjudul “Cangjie 仓颉 “, “Boxue 博学 “, dan “Aili 爱历 ” yang secara total memiliki 3300 huruf, hingga kamus karya Lan Dekang 蓝德康 dan Eiji Matsuoka 松岡栄志 di tahun 2020 berjdul “Lautan Hanzi 汉字海 ” berisi 102.434 huruf dan lampiran 11.112 huruf. Selain itu, ada juga kamus yang diterbitkan badan pengawas pendidikan di Taiwan berjudul “Kamus Varian Hanzi 异体字字典 ” berisi 106.230 huruf, mencakup bentuk hnzi standar dan variasinya.
Jika berlajar atau menggunakan hanzi harus mengasai puluhan hingga ratusan ribu hanzi, tentu tidak ada orang di dunia yang mampu dan mau untuk belajar atau memakainya. Oleh karena itum kebanyakan isi dari buku seperti “Lautan Hanzi” adalah “huruf mati”, ya itu uruf yang pernah muncul dalam sejarah tapi tidak pernah digunakan lagi dalam bahasa formmal. Bahkan, berdasarkan data, 13 kitab klasik yang berisi total 589.283 huruf hanya terbbentuk dari 6544 huruf yang berbeda, maka dari itu hanzi ang digunakan sehari-hari tidak sampai 6000 huruf.

Metode Pembentukan Huruf
Metode terbentuknya huruf dalam sistem hanzi dibagi menjadi 6, yang disebut liushu 六书 . Meski ada beberapa teori lain yang menganggap ada 3 atau 4 metode, secara umum teori 6 metode lebih diterima. Keenam metode tersebut adalah :
a. Piktograf 象形 : huruf terbentuk dari gambar yang menyerupai benda yang diartikan, seperti bulan 月 , gunung 山 , danlainnya dan kemudian berkembang perlahan menjadi seperti huruf yang kita kenal sekarang. Metode ini adalah yang paling pertama
b. Petuunjuk hal 指事 : pengembangan dari piktograf, dengan penambahan sedikit dari huruf piktograf untuk menunjukkan sesuattu, seperti buku 本 (tambahan garis dari kayu 木 ) dan mata pisau 刃 (penamabahan titik di pinggir untuk menggambarkan sis dari pisau 刀 )
c. Bentuk dan bunyi 形声 : huruf yang terbentuk dari radikal yang menunjukkan artinya dan radikal yang menunjukkan bunyinya, misalnya surat 证 , perang 战 , dini hari 晨 , berpikir 想 , dan bulat 圆 .
d. Makna gabungan 会意 : terbentuk dari gabungan 2 radikal yan berbeda dan membentuk 1 huruf yang baru (berbeda dengan bentuk dan bunyi, metode ini tidak terpenaruh radikal pembentuknya), seperti matahari 日 dan bulan 月 membentuk terang 明 atau orang 人 dan bahasa 言 membentuk percaya 信 yang berarti orang dipercaya dari ucapannya.
e. injaman 假借 : gabungan dari radikal dengan lafal berbeda untuk membentuk guruf baru, mirip dengan bentuk dan bunyi tetapi lafalnya tidak dipengaruhi radikal bunyinya. Contoh : qie 且 menjadi cu 粗 , zu 祖 , zhu 助 , dan lainnya
f. Perubahan arti 转注 : terjadi perubahan arrti dan penggunaannya, sedangkan arti aslinya digantikan huruf lain. Metode ini sebenarnya bukan pembentukan guruf tapi sangat erat dengan pembentukan huruf dan penggunaannya. Contoh : 要 awalnya piktograf yang berarti “bagian pinggang dari tubuh manusia” kemudian berubah menjadi kata kerja, sedangkan pinggang digantikan huruf 腰 .

Bentuk Huruf
Hanzi memiliki beberapa karakteristik berdasarkan strukturnya :
Setiap huruf memiliki luas yang sama, terbagi menjadi huruf tunggal dan huruf gabungan. Huruf tunggal adalah bagian terkecil dan tidak dapat dibagi lagi, se[erti zhong 种 , wen 文 , dan lainnya. Sedangkan huruf gabungan adalah huruf yang terbentuk dari beberapa bagian, jenis ini mencakup 90% lebih dari keseluruhan hanzi. Ada beberapa jenis gabungan ini berdasarkan strukturnya, yaitu atas bawah (笑 . 忠), kiri kanan (词 , 科), setengah dikelilingi (同 , 起 ), dikelilingi seluruhnya(团 , 回), atas tengah bawah (赢), kiri tengah kanan(树), dan tiga huruf yang sama (品). Bagian dasar dari hanzi sendiri terdiri dari hanzi tunggal, radikal, dan bagian lain yang tak menjadi huruf.
Bagian terkecil dari hanzi adalah goresan, yang mana setiap goresan memiliki arti. Saat menuli hanzi, arah dan urutan goresan sudah ditetapkan, disebut bishun 笔顺 . Prinsip umumnya adalah mendatar dulu baru tegak, pie 撇 dulu baru na 捺 , dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan, luar dulu baru dalam, luar dul lalu ditutup, tengah dulu baru kedua sisi, Hanzi dengan goresan paling sedikit hanya perlu 1 goresaan, sedangkan goresan terbanyak adalah hanzi Jepangyang dibaca “taito” dengan 84 goresan. Dalam bahasa mandarin sendiri ada hanzi dengan goresan sebanyak 56 goresan (59 jika memakai tulisan tradisional), dibaca biang yang merupakan jenis mie dari provinsi Shanxi. Biang sendiri sebenarnya tidak ada dalam bahasa formal, tetapi cukup populer di masyrakat, konon dapat ditemukan di kamus dari masa kaisar Kangxi 康熙 .

Panduan Baca
Hanzi adalah sistem aksara yang digunakan dalam bahasa mandarin, setiap hanzi memiliki lafal masing-masing. Tiongkok daratan menggunakan bahasa standar untuk menentukan lafalnya, terdiri dari vokal, konsonan, dan nad yang membentuk 1300 lebih lafal. Dengan begitu banyaknya hanzi, lumrah terjadi beberapa hanzi memiliki lafal yang sama, bahkan ada juga 1 hanzi yang memiliki beberapa lafal.
Panduan baca yang paling awal terbagi menjadi 2 metode yaitu persamaan 读若法 dan panduan langsung 直注法 . Metode persamaan yaitu menjelaskan lafal suatu hanzi dengan memberikan hanzi yang memiliki lafal mirip, misal dalam kamus Shuowen Jiezi 说文解字 menuliskan “埻,射臬也,读若准” yang menjelaskan huruf 埻 memiliki lafal mirip dengan zhun 准 . Sedangkan metode panduan langsung meenjelaskan cara membacanya suatu hanzi secara langsung. Sayangnya terkadang ada hanzi yang tidak memiliki hani lain dengan bunyi mirip atau sama, atau bahkan hanzi dengan bunyi mirip justru lebih jarang diketahui, sehingga kedua metode ini kurang praktis. Di masa dinasti Jin dikembangkan metode pemtongan terbalik 反切法 yang terinspirasi dari bahasa sanskerta, yaitu menggabungkan 2 hanzi untuk memberikan panduan membaca suatu hanzi dengan mengambil konsonan dari hanzi pertama dan vokal serta nada dari hanzi kedua, seperti “练,朗甸切” yang menjelaskan bahwa huruf liandibaca dengan menggabungkan konsonan huruf lang dan vokal serta nada huruf mian.
Belakangan ini dikembangan lagi tanda panduan baca atau zhuyinfuhao 注音符号 yang masih digunakan di Taiwan dan hanyuppinyin 汉语拼音 atau pinyin yang digunakan di Tiongkok daratan.

Kata
Kebanyakan hanzi dapat menjadi sebuah sukuk kata yang mandiri Umumnya dalam bahasa mandari setiap kata terbentuk dari 2 suku kata atay huruf. Berbeda dengan bahasa Inggris, kata yang terbentuk dari gabungan hanzi tetap memiliki arti yang terkait dengan huruf pembentuknya. Beberapa ratus hanzi piktograf dasar sudah dapat membentuk puluhan ribuan kata yang dapat digunakan dalam berbagai hal dan ribuan hanzi dasar dapat membentuk ratusan ribu kata.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *